Ini Bedanya Pipa Hdpe Untuk Air Dan Pipa Untuk Gas

Perbedaan Pipa HDPE dan Pipa MDPE

Pipa HDPE – Selama ini kita tentu pernah mendengar pipa yang terbuat dari plastik (PE / Polyethylene) memiliki dua penyebutan MDPE dan HDPE. Itu hanya tipe produk pipa PE yang berbeda dari sisi bahan. Namun tahukah anda apa perbedaan diantara keduanya?

Sebelum mengulas perbedaan dan persamaan antara pipa HDPE dan pipa MDPE, sebaiknya kita pahami terlebih dulu arti kedua pipa ini.

Pengertian Pipa HDPE

Pipa HDPE mengacu pada salah satu varian produk pipa PE. Nama HDPE, akronim dari High Density Polyethylene, yang berarti pipa plastik berdensitas tinggi. Densitas bahan pembuat pipa HDPE bisa melebihi atau minimal sama dengan 0.941 g/cm3.

Pipa HDPE memiliki 5 jenis yang semuanya memiliki kode PN dengan angka di bagian belakangnya. Kode PN merujuk pada tingkat tekanan yang mampu diterima pipa HDPE. Misalnya, pipa HDPE dengan PN 16 berarti pipa mampu menahan tekanan sebesar 16 x 100 kpa (1600 kpa = 16 bar).

Bahan HDPE yang dipakai pada pipa HDPE merupakan bahan plastik yang memiliki standar food grade. Sehingga, ketika pipa HDPE digunakan untuk jaringan saluran air bersih, maka hal itu sudah tepat. Pipa ini sangat direkomendasikan sebagai jaringan pipa untuk saluran air bersih. Lagipula pipa HDPE memiliki kemampuan lain, yaitu antikarat, tak mudah rusak, dan fleksibel.

Pengertian Pipa MDPE

Sementara itu, pipa MDPE juga mengacu pada salah satu varian pipa PE lainnya. Pemakaian nama MDPE diambil dari Medium Density Polyethylene. Dalam kata lain, pipa MDPE adalah pipa berbahan dasar plastik berdensitas sedang. Berapa densitas bahan pipa MDPE? Menurut informasi dari Wikipedia, densitas MDPE sebesar 0.926 sampai 0.940 g/cm3. Ya lebih rendah dibandingkan HDPE.

Pipa MDPE mempunyai ketahanan yang bagus dari tekanan serta kejatuhan. Ia biasa digunakan pada jaringan gas alam, LPG, dan biogas.

Perbedaan Pipa HDPE dan Pipa MDPE

Pipa MDPE adalah pipa berbahan plastik berdensitas sedang (MDPE / Medium Density Polyethylene). Tipe pipa ini disebut juga pipa PE-80 (lebih lentur daripada HDPE). Sementara itu, pipa HDPE adalah pipa berbahan plastik berdensitas tinggi (HDPE / High Density Polyethylene). Tipe pipa ini disebut pipa PE-100 yang lebih kaku karena densitas bahannya lebih tinggi.

Pipa MDPE kerap digunakan untuk jaringan pipa saluran gas bertekanan. Cocok dipakai dalam sistem saluran gas dengan tekanan dibawah 4 bar. Walaupun, tidak menutup kemungkinan tipe pipa HDPE juga sering direkomendasikan dengan warna kuning yang lebih dominan.

Di sisi lain, pipa HDPE lebih sering dipakai untuk pipa saluran air bersih karena tidak mengontaminasi. Warna hitam lebih dominan disertai garis biru sebagai standar internasional pipa untuk air bersih. Sementara pipa MDPE kalah bagus dengan HDPE bila digunakan sebagai pipa saluran air bersih.

Distributor Pipa HDPE dan Pipa MDPE

Pipa HDPE dan pipa MDPE didistribusikan melalui jalur yang sama, yaitu retail dan eceran. Apakah anda sedang membutuhkan pipa HDPE / MDPE? Jika iya, anda bisa menghubungi kami disini.

Soal harga, pipa HDPE dan MDPE memiliki harga yang bervariatif. Tentu hal ini tergantung dari tipe pipanya. Namun, jika anda membeli disini, kami akan memberikan harga pipa HDPE dan pipa MDPE dengan harga terbaik. Karena kami merupakan jaringan distribusi yang bagus dan terpercaya di dunia perpipaan di Indonesia.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *